Membantu Anak Agar Pintar Berteman
Tak semua anak mudah beradaptasi dalam kehidupan kelompok di prasekolah. Ada anak yang mudah melebur ada pula yang cenderung lebih suka menyendiri. Agar anak pintar berteman, coba lakukan langkah-langkah berikut:
  • Apabila anak membutuhkan ruang waktu lebih banyak untuk beradaptasi, maka Anda perlu membawanya ke prasekolah lebih pagi. Semakin pagi, jumlah anak dalam per group masih sedikit dan semakin besar kemungkinan anak Anda dapat bermain dalam kelompok.
  • Bersama anak lakukan pengamatan terhadap anak-anak lain: amati siapa melakukan apa, siapa yang mencari seorang teman untuk bermain, dan seterusnya. Cara ini mengasah kepekaan anak. Ia belajar mengetahui, apakah masih ada teman bermain yang masih dicari oleh kelompok.
  • Undanglah beberapa anak dari kelompok untuk bermain di rumah Anda dan beri kelonggaran pada anak untuk juga mengunjungi rumah temannya. Temui pula orang tua mereka. Tukar pikiran serta pengalaman dengan sesama orang tua tak hanya menambah pengetahuan Anda. Di waktu yang bersamaan Anda memberi contoh cara bergaul kepada anak.

Baca Juga :