Atasi Mata Balita Gatal
Jika mata balita gatal, bisa jadi karena alergi pada mata. Biasanya, juga disertai dengan sering berkedip. Cukup banyak dialami anak balita yang memakai kacamata pada usia dini. Penyebab lainnya, mata kemasukan serbuk sari bunga yang beterbangan di udara atau alergen dari hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, kelinci, atau burung.

Atasi dengan:
  • Bersihkan bagian luar mata beserta kotoran mata menggunakan kain pembersih (waslap) dan sabun antiseptik, serta air hangat untuk membilas. Biarkan air matanya keluar untuk membersihkan kotoran secara alami.
  • Beri obat tetes mata dan obat anti-alergi selama 2 hari. Bila gatal tidak berkurang, segera bawa ke dokter mata untuk penanganan yang tepat.
  • Cuci rambut balita untuk menghilangkan serbuk, debu atau kotoran yang menempel dan kemudian jatuh ke dalam matanya.
Cegah dengan:
  • Tanamkan kebiasaan hidup sehat pada balita, terutama mencuci tangan dengan sabun antiseptik setiap kali selesai bermain atau memegang sesuatu yang kotor, mencuci rambutnya setelah bermain di kebun, dan melarang kebiasaan mengucek mata.
  • Biasakan balita memejamkan matanya dan menutup mata serta wajahnya dengan kedua tangan bila ada angin kencang.
  • Jaga kebersihan rumah, terutama bila ada hewan peliharaan. Sebaiknya tidak membiarkan hewan masuk ke dalam kamar tidur, dan biasakan memandikan atau membersihkan bulunya secara rutin.
Baca:
Bisul di Kelopak Mata Balita Akibat Debu
Asthenopia, Mata Lelah karena Layar Kaca



Baca Juga :